18 September 2013

KETOMBE

KETOMBE



         Klinik kecantikan aisyiah fennita nanda akan mengulas tentang ketombe. Apa sih yang dimaksud dengan ketombe? Ketombe adalah kelainan kulit kepala yang ditandai adanya kerak halus. Sekarang ini ketombe merupakan masalah yang cukup menonjol dimasyarakat. Karena ketombe dapat mengganggu kecantikan dari seseorang, sehingga dapat menyebabkan rasa khawatir dan tidak nyaman pada seseorang. Ketombe umumnya terjadi pada orang dewasa jarang pada anak-anak. Penyebab ketombe ada beberapa macam yaitu:

1. Pengaruh hormon androgen pada kelenjar minyak di kepala
2. Adanya peranan jamur di kulit kepala
3. Faktor keturunan (genetik)
4. Faktor sistem kekebalan tubuh (sistem imun)
5. Faktor fisik
6. Faktor nutrisi

     Ketombe biasanya disertai dengan rasa gatal. Akibat rasa gatal, maka individu akan menggaruk kulit kepala sehingga dapat terjadi peradangan disekitar ketombe. Pengobatan untuk ketombe ada beberapa macam, biasanya berupa shampoo atau cairan . Bahan yang sering terdapat pada shampoo anti ketombe yang dijual bebas yaitu : selenium sulfida, seng piritio (ZPT) dan ketokonazole. 

     Sekarang bila anda mempunyai ketombe di kulit kepala maka anda sudah tahu cara mengatasinya. Anda cukup melihat komposisi dari shampoo anti ketombe dan anda dapat memilih shampoo yang benar. Sehingga tidak ada lagi ketombe yang nempel di kulit kepala yang dapat mengganggu kecantikan seseorang dan membuat rasa tidak nyaman pada diri seseorang.
 

 


8 komentar:

  1. Dokter ada jual shampoonya? Berapaan dok?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada,harga sekitar 60rb isi 100ml, untuk pemesanan silakan hubungi no tel yg tercantum di blog ini

      Hapus
  2. Dulu saya ketombean sis, tp sejak pake sampo anti ketombe, gak pernah lagi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, tapi dengan adanya artikel ini jadi tahu apa saja penyebab ketombe ya

      Hapus
  3. Dokter, untuk ketombe yg disebabkan oleh imunitas yg tdk normal apakah bisa hanya diatasi dgn shampo?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk ketombe yang disebabkan oleh gangguan imunologi yaitu dengan melihat dulu penyebab penyakit gangguan imunologinya, biasanya bisa diatasi dengan obat tambahan berupa antibiotik, analog vitamin D3, penghambatan calcineurin, terapi cahaya, banyak pilihan. sebaiknya jika anda mengalami gangguan ini anda bisa mendatangi langsung dokter spesialis kulit yang ada di kota anda

      Hapus
  4. dok.. ketombe yang disebabkan faktor keturunan bisa disembuhkan tidak???

    BalasHapus
  5. Kalau disebabkan keturunan biasanya disebabkan oleh faktor imun mbak, jadi sulit untuk sembuh hanya bisa mencegah agar tdk terlalu sering muncul, dan terapinya berbeda-beda setiap kali ketombe muncul, tdk bisa hanya memakai 1 obat saja tetapi dicoba obat yg lain lagi, bisa juga ketombe itu disebabkan oleh jamur, apa sudah pernah pemeriksaan jamur di kepala/rambut?

    BalasHapus